Friday, January 18, 2013

Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia

Assalamualaikum wr. wb

DianShare akan berbagi Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia, makalah ini merupakan tugas kelompok mata kuliah Bahasa Indonesia. Berikut adalah Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia, untuk mendapatkan versi lengkap anda bisa mendownloadnya di bawah postingan ini.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cover, halaman judul
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA
(Kajian Teoretis dan Pemecahannya)

MAKALAH

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Bahasa Indonesia
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lembar pengesahan
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LEMBAR PENGESAHAN/PENERIMAAN

Makalah ini telah diterima pada hari.................., tanggal................................
oleh
------------------------------------------------------------------------------------------
Kata pengantar
------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANRTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah swt, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah berjudul “Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia”. Makalah  ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daftar isi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.........................................
DAFTAR ISI..............................................................
BAB I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah ..........................
B.     Rumusan Masalah ...............................
C.     Tujuan Makalah ...........................
D.    Kegunaan Makalah .....................................
E.     Prosedur Penulisan Makalah ...................................
BAB II       PEMBAHASAN

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagian Isi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Memasuki abad ke-21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.         Bagaimana ciri-ciri pendidikan di Indonesia?
2.         Bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
C.      Tujuan Penulisan Makalah
Sejalan dengan rumusan masalah diatas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui, dan mendeskripsikan:
1.         Ciri-ciri pendidikan di Indonesia.
2.         Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
D.      Kegunaan Makalah
Makalah ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoretis maupun secara praktis. Secara teoretis makalah ini berguna sebagai pengembangan pemikiran bagaimana 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
E.       Prosedur Penulisan Makalah
Makalah ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini, penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas dan konprehensif. Data teoritis dalam makalah ini 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
PEMBAHASAN
A.      Tinjauan Pustaka
1.         Definisi Kualitas Pendidikan
Arti dasar dari kata kualitas menurut Dahlan Al-Barry (Kamus Modern Bahasa Indonesia, 1994: 329) adalah “kualitet”: “mutu”; baik buruknya barang” seperti halnya yang dikutip oleh Quraish Shihab (1999: 280)  yang mengartikan kualitas sebagai tingkat baik buruk sesuatu atau mutu sesuatu
Sedangkan kalau diperhatikan secara etimologi, mutu atau kualitas diartikan dengan kenaikan tingkatan menuju suatu perbaikan atau kemapanan. Sebab kualitas mengandung makna bobot atau tinggi 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
B.    Pembahasan
1.         Ciri-ciri Pendidikan di Indonesia
Cara melaksanakan pendidikan di Indonesia sudah tentu tidak terlepas dari tujuan pendidikan di Indonesia, sebab pendidikan Indonesia yang dimaksud di sini ialah pendidikan yang dilakukan di bumi Indonesia untuk kepentingan bangsa Indonesia.
Aspek ketuhanan sudah dikembangkan dengan banyak cara seperti melalui pendidikan-pendidikan agama di sekolah maupun di perguruan tinggi, melalui ceramah-ceramah agama di masyarakat, melalui kehidupan beragama di asrama-asrama, lewat mimbar-mimbar agama dan ketuhanan di televisi, melalui radio, surat kabar, dan sebagainya. Bahan-bahan yang diserap melalui media itu akan berintegrasi dalam rohani para siswa atau mahasiswa.
Pengembangan pikiran sebagian besar dilakukan di sekolah-sekolah atau perguruan-perguruan tinggi melalui bidang studi-bidang studi yang mereka pelajari. Pikiran para siswa/mahasiswa diasah melalui pemecahan soal-soal, pemecahan berbagai masalah, menganalisis sesuatu serta menyimpulkannya.
2.         Kualitas Pendidikan di Indonesia
Seperti yang telah kita ketahui, kualitas pendidikan di Indonesia semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualitas guru, sarana belajar, dan murid-muridnya. Guru-guru tentuya punya harapan 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3.         Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia
Di bawah ini akan diuraikan beberapa penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia secara umum, yaitu:
a.    Efektifitas Pendidikan Di Indonesia
Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A.      Simpulan
Berdasarkan uraian bab sebelumnya penulis dapat mengemukakan simpulan sebagai berikut.
1.        Kualitas Pendidikan merupakan bagian sebuah hasil keterpuasan masyarakat terhadap sistem, dan seluruh dunia pendidikan yang mana ini adalah perbandingan suatu ketercapaian dari apa telah ditempuh selama ini di Indonesia dengan negara-negara lain di sekitar wilayah Indonesia ini.
Kualitas atau mutu pendidikan adalah

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
B.      Saran
Sejalan dengan simpulan diatas, penulis merumuskan saran sebagai berikut.
1.        Pemerintah harus terus berusaha, dan meyertakan keseriusannya melakukan perubahan sistem pendidikan yang ada dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Guru yang menjadi pengajar
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daftar pustaka
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA
A. Supriyanto  (1997). “Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Daerah Diseminasi”. Jurnal Ilmu Pendidikan
Al Barry, Dahlan. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arloka.
Kusumadewi. 2007. Masalah Pendidikan Di Indonesia. [Online]. Tersedia : http://www.sayapbarat.wordpress.com/2007/08/29/masalah-pendidikan-di-indonesia.
Pidarta, Prof. Dr. Made. 2004. Manajemen Pen

Note: Makalah di atas adalah versi preview, untuk versi lengkapnya silahkan download di bawah ini..

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dapatkan pemberitahuan Artikel Terbaru DianShare di facebook, dan proses download cepat  dengan you like this...
Download disini:
  • Cover, halaman judul Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia disini
  • Lembar pengesahan Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia disini
  • Kata pengantar Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia disini
  • Daftar isi Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia disini
  • Bagian isi, Penutup, dan Daftar pustaka pembahasan Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia disini
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Note: Cara downloadnya, like dulu fans page nya. Klik link downloadnya dan tunggu sekitar 5 detik selanjutnya klik SKIP ADD [pojok kanan atas].

Itulah postingan saya mengenai Makalah Rendahnya Pendidikan di Indonesia, semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir lagi kapan-kapan yah?

Related Post | Artikel Terkait



Newer Post Older Post Home
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar tidak mengandung unsur pelecehan, pornografi, dan pelanggaran undang-undang. Terimakasih telah berkomentar dengan baik. Salam Dian Share.